Bahan Ajar Pengertian Sejarah

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu syajarotun yang berarti pohon. Kata ini kemudian berkembang artinya menjadi akar, keturunan, asal usul, riwayat, dan silsilah. Apabila kita melihat gambar silsilah keluarga raja-raja pada masa lalu akan tampak menyerupai pohon, sedangkan silsilah keluarga raja itu dituliskan terbali dari batang pohon, kemudian ke cabang dan ranting-rantingnya.

Kata sejarah diserap ke dalam bahasa Melayu pada abad ke-13. Namun, di dalam bahasa Arab sendiri ilmu yang memperlajari kisah-kisah pada masa lalu disebut dengan istilah tarikh.

Dalam bahasa Inggris, kata sejarah dikenal dengan istilah history, yang artinya masa lampau umat manusia. Kata history, berasal dari bahasa Yunani yaitu istoria yang berarti ilmu. Dalam perkembangannya kata istoria diperuntukkan bagi pengkajian terhadap segala sesuai mengenai manusia secara kronologis. Dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut dengan geschichte yang artinya adalah sesuatu yang telah terjadi.

Bagaimana pengertian sejarah menurut para ahli? Berikut beberapa ahli sejarah memberikan pengertian sejarah.
1.    Herodotus (484-425 SM)
 Gambar Patung Herodotus

Herodutus mendapat julukan The Father of History atau Bapak Ilmu Sejarah. Menurut Herodotus bahwa sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.

2.    Aristoteles (384-322 SM)
Menurut Aristoteles sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Aristoteles adalah seorang cendekiawan Yunani, murid Plato dan Socrates.

3.    Ibnu Khaldun (132-1406)
Ibnu Khaldun dalam bukunya berjudul Mukadimah telah mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

4.    Collingwood
Menurut Collingwood bahwa sejarah ialah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

5.    W.J.S. Poerwadarminta
Dalam bukunya berjudul “Kamus Umum Bahasa Indonesia”, W.J.S. Poerwadarminta menuliskan tiga pengertian sejarah yaitu;
  • Kesusasteraan lama, silsilah, asal-usul.
  • Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau.
  • Ilmu pengetahuan, cerita, pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat.

6.    R. Moh. Ali
Sementara R. Moh. Ali dalam bukunya berjudul “Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia” menegaskan bahwa kata sejarah mengandung pengertian sebagai berikut:
  • Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  • Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

Berdasarkan dari beberapa pengertian sejarah dari para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian sejarah ialah sebagai berikut:
  1. Peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.
  2. Cerita atau kisah atau catatan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan atau sumber-sumber sejarah.
  3. Ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Sumber Bahan Ajar
  • Hermawan, dkk. 2014. Sejarah untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Peminatan Ilmu Sosial. Jakarta:Yudhistira
  • Artikelsiana. Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli. Diakses dari http://www.artikelsiana.com/2015/08/pengertian-sejarah-para-ahli-menurut.html pada 14 Desember 2016
  • Gambar Patung Herodotus. Diakses dari http://www.heritageinstitute.com/zoroastrianism/images/people/western_writers/herodotus.jpg pada 14 Desember 2016

0 Response to "Bahan Ajar Pengertian Sejarah"

Posting Komentar