Pembahasan Soal Penguasaan Angkasa Luar Masa Perang Dingin

Upaya penguasaan angkasa luar pada masa Perang Dingin diawali dengan adanya. . .
a. ditemukannya pesawat terbang
b. upaya Uni Soviet meluncurkan Sputnik I
c. upaya Amerika Serikat meluncurkan Explorer I
d. ditemukannya roket oleh para ilmuwan
e. pembuatan misil jarak jauh oleh negara adikuasa

Kunci Jawaban
b. Upaya Uni Soviet meluncurkan Sputnik I
Gambar. Satelit Sputnik I Sebagai Satelit Pertama Kali
Sumber. http://imgc.allpostersimages.com/images/P-473-488-90/37/3731/UCDZF00Z/posters/mark-thiessen-sputnik-the-first-satellite-placed-in-orbit-around-the-earth.jpg

Pembahasan
Dalam masa Perang Dingin Uni Soviet unggul lebih dahulu dengan keberhasilannya meluncurkan satelit buatan yang pertama di dunia dengan nama Sputnik I (yang artinya rekan pelancong 1) pada 4 Oktober 1957 dan memulai Program Sputnik Uni Soviet, dengan Sergei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistentnya. 

Peluncuran ini memicu lomba ruang angkasa (space race) antara Soviet dan Amerika. Sputnik 1 membantuk mengidentifikasi kepadatan lapisan atas atmosfer dengan jalan mengukur perubahan orbitnya dan memberikan data dari distribusi signal radio pada lapisan ionosphere. Karena badan satelit ini diisi dengan nitrogen bertekanan tinggi, Sputnik 1 juga memberi kesempatan pertama dalam pendeteksian meteorit, karena hilangnya tekanan dalam disebabkan oleh penetrasi meteroid bisa dilihat melalui data suhu yang dikirimkannya ke bumi. Sputnik 2 diluncurkan pada tanggal 3 November 1957 dan membawa awak mahluk hidup pertama ke dalam orbit, seekor anjing bernama Laika.

Keberhasilan Uni Soviet dalam meluncurkan Sputnik I kemudian diikuti oleh Amerika Serikat, pada tanggal 29 Juli 1955, Gedung Putih mencanangkan bahwa Amerika Serikat akan mau meluncurkan satelit pada musim semi 1958. Hal ini kemudian diketahui sebagai Project Vanguard. Pada tanggal 31 Juli, Soviets mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan satelit pada musim gugur 1957.

Mengikuti tekanan dari American Rocket Society (Masyarakat Roket America), the National Science Foundation (Yayasan Sains national), and the International Geophysical Year, interest angkatan bersenjata meningkat dan pada awal 1955 Angkatan Udara Amerika dan Angkatan Laut mengerjai Project Orbiter, yang menggunakan wahana Jupiter C untuk meluncurkan satelit. Proyek ini berlangsung sukses, dan Explorer 1 menjadi satelit Amerika pertama pada tanggal 31 januari 1958.

oOo

0 Response to "Pembahasan Soal Penguasaan Angkasa Luar Masa Perang Dingin"

Posting Komentar