Pengertian dan Macam-Macam Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi, antara lain berasal dari hujan, panas matahari, angin, aliran air, dan luncuran gletser serta makhluk hidup. Tenaga eksogen dapat mengubah bentuk permukaan bumi menjadi berlubang, berbukit, dan bentuk lainnya. Tenaga eksogen ini bersifat merusak. Artinya menyebabkan terjadinya kikisan atau erosi, pelapukan, dan pengangkutan material (mass wasting). Pada prosesnya, menghasilkan bentuk sisa (residual) dan bentuk endapan (depositional).

1. Pengikisan
Batuan yang terkena sinar matahari secara terus-menerus setiap siang hari, menjadi panas, dan di malam hari menjadi dingin, dan kadang-kadang terkena hujan. Lambat laun batuan dapat menjadi lapuk. Batuan yang lapuk kemudian akan terkikis. Batuan terkikis tersebut dipindah-kan ke tempat lain dengan tenaga air, tenaga angin, dan gletser.

Gambar. Pengikisan Oleh Tenaga Air
Sumber. 1bp.blogspot.com

Erosi terjadi karena beberapa sebab berikut:
a). Tenaga Air
Batuan dapat hancur oleh tetesan air secara terus-menerus. Air juga dapat mengangkut hancuran batuan melalui alirannya.

b). Tenaga Angin
Hembusan angin dapat menyebabkan erosi pada batuan. Proses pengikisan batuan oleh angin dinamakan deflasi.

c). Tenaga Gelombang
Erosi ini terjadi di pinggir-pinggir laut dan kekuatan gelombang air laut merupakan tenaga penggerak dari erosi gelombang. Bentuk erosi gelombang berupa gua-gua laut dan celah-celah, serta lengkung laut.

d). Tenaga Gletser
Es yang meluncur di lereng pegunungan dapat meng-akibatkan terjadinya erosi. Es meluncur menuruni pegunungan karena es mengalami pencairan. Peluncuran es diikuti oleh tanah dan batuan di lereng pegunungan. Erosi yang disebabkan oleh luncuran es itulah yang dinamakan erosi gletser.

e). Tenaga Makhluk Hidup (organisme)
Organisme sebagai tenaga penggerak erosi. Yaitu binatang atau manusia. Erosi oleh organisme ini berupa liang-liang galian binatang (burrows), atau lubang galian pertambangan oleh manusia.

2. Pelapukan
Pelapukan merupakan salah satu tenaga eksogen yang menghasilkan bentuk muka bumi. Pelapukan merupa-kan peristiwa hancurnya bentuk gumpalan menjadi butiran yang kecil bahkan dapat larut dalam air.

Gambar. Contoh Pelapukan Kimiawi
Sumber. Encrypted-tbn0.gstatic.com

Berikut macam-macam pelapukan:
a). Pelapukan Fisik
Pelapukan fisik terjadi oleh adanya tenaga panas, air mengalir, gletser, angin, dan air hujan. Pelapukan fisik terjadi secara alami tanpa ada campur tangan manusia.
 
b). Pelapukan Kimiawi
Pelapukan kimiawi terjadi karena proses kimiawi sehingga batuan menjadi lapuk. Terdapatnya gua-gua di perbukitan kapur merupakan salah satu akibat pelapukan kimiawi.
 
c). Pelapukan Organis atau Biologis
Pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup dinamakan pelapukan biologis atau pelapukan organis. Akar tumbuhan dapat menembus batuan hingga batuan menjadi retak dan lapuk.


3. Pengangkutan Material (Mass Wasting)

Gambar. Contoh Mass Wasting
Sumber. 4.bp.blogspot.com

Pengangkutan material (mass wasting) terjadi karena adanya gaya gravitasi bumi sehingga terjadi peng-angkutan atau perpindahan material dari satu tempat ke tempat lain. Proses mass wasting berlangsung dalam empat jenis pergerakan material.
a). Jenis Pergerakan Lambat
Rayapan merupakan bentuk dari jenis pergerakan lambat pada proses mass wasting.Rayapan adalah gerakan tanah dan puing batuan yang menuruni lereng secara pelan, dan biasanya sulit untuk diamati kecuali dengan pengamatan yang cermat.

b). Jenis Pergerakan Cepat

c). Longsor Lahan
Gerakan yang termasuk dalam kategori ini merupakan jenis yang mudah diamati, dan biasanya berupa puing massa batuan.

d). Amblesan

Demikian materi tentang pengertian dan macam-macam tenaga eksogen. Semuga bermanfaat.

Sumber

1. NURDIN, Muh. M. Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs kelas VII/. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Kata Kunci
Pengertian dan Macam-Macam Tenaga Eksogen. Materi IPS Kelas VII. Pengertian Erosi.
***

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Tenaga Eksogen"

Posting Komentar