Penyebab Terjadinya Perang Dingin

Berikut ini yang bukan penyebab terjadinya Perang Dingin adalah. . .
a. Pembentukan aliansi militer untuk mempertahankan diri.
b. Keinginan untuk berkuasa.
c. Perbedaan paham dan ideologi.
d. Perlombaan senjata nuklir.
e. Perebutan wilayah hasil Perang Dunia II

Jawaban :
e. Perebutan wilayah hasil Perang Dunia II

Gambar Peta Dunia dengan latar belakang bendera USA dan US

Pembahasan:
Perang Dingin adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik, ketegangan, dan kompetisi antara Amerika Serikat (beserta sekutunya disebut Blok Barat) dan Uni Soviet (beserta sekutunya disebut Blok Timur) yang terjadi antara tahun 1947—1991.

Perang Dingin terjadi disebabkan oleh beberapa sebab sebagai berikut;

1. Perbedaan paham dan ideologi
Selama berlangsungnya Perang Dunia II, Amerika Serikat dan Uni Soviet dapat bergabung untuk menghadapi musuh bersama, yaitu Jerman. Namun, setelah Perang Dunia II berakhir, pertentangan ideologi pun terjadi. Akibatnya dua kekuatan besar dunia terbentuk dan bersaing untuk memperebutkan pengaruh. Salah satu cara yang digunakan adalah saling mempengaruhi negara-negara lain untuk bergabung ke dalam kelompoknya.


Pada keadaan ini, dunia seolah-olah terbagi menjadi dua blok kekuasaan, yaitu Blok Barat yang berpaham liberal kapitalis dengan Amerika Serikat sebagai pemimpinnya dan Blok Timur yang berpaham sosialis-komunis dengan Uni Soviet sebagai pemimpinnya.

2. Perebutan dominasi kepemimpinan
Amerika Serikat dan Uni Soviet saling berusaha menjadi pemimpin dunia. Mereka berkeinginan dapat berkuasa dan memimpin dunia seperti masa kejayaan Inggris dan Prancis pada masa imperialisme kuno. Amerika dan Soviet berusaha menjadi pemimpin dunia dengan cara baru, misalnya kekuatan ekonominya.

Amerika Serikat dengan kekuatan ekonominya berusaha mempengaruhi negara-negara lain khususnya negara yang baru merdeka dengan paket bantuan ekonomi. AS beranggapan bahwa negara yang rakyatnya hidup makmur dapat menjadi tempat pemasaran hasil industri, dan juga akan menjauhkan dari pengaruh sosialis-komunis. Kemiskinan akan menjadi ladang subur bagi perkembangan ideologi sosialis-komunis.


Uni Soviet dengan kekuatan ekonominya juga berusaha membentengi negara-negara yang telah mendapat pengaruhnya. Paket bantuan ekonomi Soviet juga diberikan untuk memperbaiki keadaan ekonomi negara-negara tersebut. Selain itu, Uni Soviet juga berusaha mendekati rakyat suatu negara yang sedang melakukan perjuangan nasionalnya dengan mengirimkan para tenaga ahli dan peralatan militer.

3. Pembentukan aliansi militer

4. Perlombaan senjata nuklir

oOo

0 Response to "Penyebab Terjadinya Perang Dingin"

Posting Komentar