Masa Pembabakan Sejarah

Perhatikan masa pembabakan sejarah berikut.
1. Azoikum
2. Mesozoikum
3. Paleozoikum
4. Neozoikum

Urutan pembabakan yang benar menurut geologi adalah . . .
a. 2, 4, 3, 1
b. 1, 3, 2, 4
c. 2, 3, 1, 4
d. 1, 2, 3, 4
e. 3, 2, 1, 4

Jawaban : b. 1, 3, 2, 4

Pembahasan:
Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman.


1. Azoikum (Zaman Tertua)
Dalam bahasa Yunani a = tidak; zoon = hewan. Pada saat itu kulit bumi masih panas. Sehingga di zaman ini belum ada kehidupan. Diperkirakan berlangsung sekitar 2500 juta tahun lalu.

2. Paleozoikum (Zaman Kehidupan Tua)
Zaman ini berlangsung kurang lebih 340 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi masih belum stabil, iklim masih berubah-ubah dan curah hujan sangat besar. Namun pada zaman Paleozikum mulai ada tanda-tanda kehidupan, makhluk yang hidup yaitu binatang bersel satu (mikroorganisme), hewan-hewan kecil yang tidak bertulang punggung, jenis-jenis ikan, ampfhibi dan reptil. Sementara jenis-jenis tumbuhan yang hidup seperti tumbuhan ganggang dan rerumputan. Zaman ini disebut juga zaman Primer (zaman Pertama).

3. Mesozoikum (Zaman Kehidupan Pertengahan)
zaman ini juga dinamakan Zaman Sekunder (zaman Kedua) berlangsung kurang lebih 140 juta tahun. Iklim semakin membaik. Walaupun demikian, suhu masih berubah-ubah. Kadang suhu udara tinggi sekali, tetapi ada kalanya rendah sekali, curah hujan mulai berkurang. Sungai-sungai besar dan danau banyak yang kering dan berlumpur. Pohon-pohon yang besar dan hewan yang hidup di darat mulai muncul. Beberapa jenis amfhibi tumbuh menjadi besar sekali bahkan ada yang melebihi seekor buaya. Demikian pula repbil mencapai bentuk yang sangat besar seperti Dinosaurus, 12 meter, Tyranosaurus, 30 metr, dan Brontosaurus yang besarnya sepuluh kali gajah. Ada pula reptil yang memiliki sayap dan mampu terbang berjam-jam di udara untuk mencari mangsa. Karena pada zaman ini berkembang berbagai jenis reptil, maka zaman ini disebut juga zaman Reptil. Berakhirnya zaman Mesozoikum ditandai mulai munculnya binatang sejenis mamalia.

4. Neozoikum (Zaman Kehidupan Baru)
Zaman ini dibedakan menjadi 2 zaman, yaitu:
a. Tersier / zaman ketiga
Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun. Yang terpenting dari zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis binatang menyusui seperti jenis primat, contohnya kera.

b. Kuartier/zaman keempat
Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. Dan zaman ini dibagi lagi menjadi dua zaman yaitu yang disebut dengan zaman Pleistocen dan Holocen.

Demikian pembahasan soal mengenai masa pembabakan sejarah berdasarkan geologi. Ada pertanyaan seputar soal sejarah Tanyakan di Guru Pintar Sejarah.

0 Response to "Masa Pembabakan Sejarah"

Posting Komentar