Manusia Kerdil Liang Bua

Soal 
Jenis manusia purba yang dikenal dengan sebutan "Manusia Kerdil Liang Bua" adalah. . .
a. Homo Soloensis
b. Pithecanthropus Erectus
c. Homo Floresiensis
d. Homo Wajakensis
e. Meganthropus Paleojavanicus

Kunci Jawaban : c. Homo Floresiensis

Pembahasan:
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Homo_floresiensis_cave.jpg
Jika yang ditanyakan adalah Manusia Kerdil Liang Bua, maka kita harus merujuk kepada jenis manusia yang ditemukan di Liang Bua. Liang Bua sendiri berada di Flores Manggarai, Nusa Tenggara.

Homo floresiensis ("Manusia Flores", dijuluki Hobbit) adalah nama yang diberikan oleh kelompok peneliti untuk spesies dari genus Homo, yang memiliki tubuh dan volume otak kecil, berdasarkan serial subfosil (sisa-sisa tubuh yang belum sepenuhnya membatu) dari sembilan individu yang ditemukan di Liang Bua, Pulau Flores, pada tahun 2001. Kesembilan sisa-sisa tulang itu (diberi kode LB1 sampai LB9) menunjukkan postur paling tinggi sepinggang manusia moderen (sekitar 100 cm).

Para pakar antropologi dari tim gabungan Australia dan Indonesia berargumen menggunakan berbagai ciri-ciri, baik ukuran tengkorak, ukuran tulang, kondisi kerangka yang tidak memfosil, serta temuan-temuan sisa tulang hewan dan alat-alat di sekitarnya. Usia seri kerangka ini diperkirakan berasal dari 94.000 hingga 13.000 tahun yang lalu.
.

0 Response to "Manusia Kerdil Liang Bua"

Posting Komentar