Bahan Ajar Mapel Sejarah Pengertian Sejarah

Ada banyak pendapat yang dikemukakan oleh para tokoh mengenai pengertian sejarah. Pada dasarnya, kata sejarah dapat diidentifikasi sebagai pengertian-pengertian sebagai berikut:


Kata “sejarah” berasal dari bahasa Arab, yaitu syajaratun yang berarti pohon kehidupan. Pohon kehidupan ini dapat kita dapati dalam penyusunan silsilah keluarga. Dalam silsilah keluarga didapati tentang asal-usul nama dan kerabatnya. Sebagai contoh, pada sebagian besar masyarakat Jawa tradisional, golongan priyayi selalu mempermasalahkan tiga aspek mengenal seseorang, yaitu bibit (asal-usul keluarga0, bobot (latar belakang statusi sosial), dan bebet (latar belakang pendidikan). Kata Syajaratun ini menjadi kata serapan dalam bahasa Melayu dari bahasa Arab abad ke-13. Akan tetapi di dalam bahasa Arab sendiri, ilmu yang mempelajari kisah masa lalu dinamakan tarikh.



Kata “sejarah” dalam bahasa Inggris adalah history. Adapun history berasal dari bahasa Yunani, yaitu Istoria yang berarti “orang pandai”. Istoria kemudian mengalami perkembangan bukan hanya berarti orang pandai, namun diartikan sebagai pengkajian dan pembelajaran yang menyangkut manusia secara kronologis (berdasarkan urutan waktu). Padanan kata sejarah dalam bahasa Jerman geschidenis atau historie yang artinya adalah “kejadian yang dibuat oleh manusia”.

Menurut W.J.S. Poerwodarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, sejarah mengandung tiga pengertian, yaitu :

1) Kesusastraan lama, silsilah, dan asal-usul.
2) Kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.
3) Ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang

0 Response to "Bahan Ajar Mapel Sejarah Pengertian Sejarah"

Posting Komentar