Bahan Ajar Akulturasi Kebudayaan Nusantara dan Hindu-Buddha Bidang Seni Bangunan

Akulturasi kebudayaan yaitu suatu proses percampuran antara unsur-unsur kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain, sehingga membentuk kebudayaan baru. Kebudayaan baru yang merupakan hasil percampuran itu masing-masing tidak kehilangan kepribadian/ciri khasnya. Oleh karena itu, untuk dapat berakulturasi, masing-masing kebudayaan harus seimbang. Begitu juga untuk kebudayaan Hindu-Buddha dari India dengan kebudayaan Indonesia asli. 

Bidang Seni Bangunan
Bentuk-bentuk bangunan candi di Indonesia pada umumnya merupakan bentuk akulturasi antara unsur-unsur budaya Hindu-Buddha dengan unsur budaya Indonesia asli. Bangunan yang megah, patung-patung perwujudan dewa atau Buddha, serta bagian-bagian candi dan stupa adalah unsur-unsur dari India. Bentuk candi-candi di Indonesia pada hakikatnya adalah punden berundak yang merupakan unsur Indonesia asli. Candi Borobudur merupakan salah satu contoh dari bentuk akulturasi tersebut.


Sumber:
Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejarah Indonesia/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. --Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , 2014. Hal. 9-10. [rk]

0 Response to "Bahan Ajar Akulturasi Kebudayaan Nusantara dan Hindu-Buddha Bidang Seni Bangunan"

Posting Komentar