Tugas Mencari Daftar 10 Pahlawan Revolusi


Berikut ini adalah nama-nama pahlawan revolusi:

1. Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani
Description: jenderal tni anumerta ahmad yani
Ahmad Yani merupakan seorang komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Beliau lahir di Purworejo pada tanggal 19 juni 1922. Ahmad Yani dibantai karena Beliau dikenal sebagai seorang yang sangat menentang terhadap paham komunisme.

Akhirnya Ahmad Yani diculik dari tempat tinggalnya kemudian dibantai dan dimasukkan ke dalam sumur yang saat ini dikenal dengan nama lubang Buaya. Diberikan gelar sebagai pahlawan revolusi berdasarkan Keppres No 111/KOTI/1965 pada tanggal 5 Oktober 1965.







2. Letnan Jenderal  Anumerta R Suprapto
Description: letnan jenderal  anumerta r suprapto
Sama seperti jenderal Ahmad Yani, Letnan Jenderal Anumerta Suprapto juga diculik dari rumahnya kemudian dibantai di Lubang Buaya. Suprapto ini lahir pada tanggal 20 juni 1920 di Purwokerto.

Sebelum tewas dibantai oleh PKI, sebelumnya Suprapto pernah berhasil meredam berbagai pemberontakan yang dilakukan oleh PKI di berbagai daerah seperti Medan dan Semarang.









3. Letnan Jenderal Haryono
Description: letnan jenderal haryono
Letnan Jenderal TNI angkatan Darat Mas Tirtodarmo Haryono atau yang juga dikenal dengan MT Haryono ini berasal dari Surabaya. Lahir di Surabaya pada tanggal 20 Januari 1924. Letjend ini juga diculik dan dibantai di Lubang Buaya.

Letjend Haryono ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi pada tanggal 5 Oktober 1965. Pemberian gelar tersebut berdasarkan keputusan Presiden no 111/KOTI/1965. Letjend Haryono ini dikenal menguasai 3 bahasa asing.










4. Letnan Jenderal Siswondo Parman
Description: letnan jenderal siswondo parmanLetnan Jenderal Siswondo Parman atau yang lebih terkenal dengan nama S.Parman ini merupakan pahlawan asal Wonosobo. Beliau dilahirkan di Wonosobo pada tanggal 4 Agustus 1918.

Beliau merupakan salah satu perwira intelegen yang cukup dekat dengan Partai Komunis Indonesia dan cukup banyak tahu tentang rahasia mereka. Namun sayangnya saat ditawari untuk bergabung masuk ke dalam paham komunisme, S.Parman menolak.

Akhirnya S.parman pun ikut gugur dalam peristiwa G30S PKI tersebut. Yang kemudian mendapat gelar sebagai letnan Jenderal Anumerta. Otak pembantaian yang terjadi adalah IR.Sakirman yang tidak lain merupakan kakak kandungnya sendiri.





5. Mayor Jenderal Pandjaitan
Description: mayor jenderal pandjaitan
Mayor Jenderal Pandjaitan merupakan Pahlawan yang berasal dari Sumatera Utara. Beliau dilahirkan pada tanggal 19 juni 1925. Pada saat itu, Pandjaitan bersama para pemuda lainnya telah membentuk tentara Keamanan Rakyat, yang merupakan cikal bakal berdirinya Tentara Nasional Indonesia.

Beliau dibunuh dengan memakai seragam lengkap. Saat mengetahui kedatangan PKI yang datang ke rumahnya dan membunuh ajudan serta pelayanannya, Beliau menantang para pemberontak tersebut. Namun sayang kemudian dihujani oleh tembakan peluru yang menembus dadanya. Akhirnya Pandjaitan ikut tewas pada malam itu.

Kemudian mayatnya dibawa ke Lubang buaya. Mayatnya baru ditemukan pada tanggal 3 Oktober. Dan pada tanggal 5 oktober beliau ditetapkan sebagai salah satu dari pahlawan revolusi.

6. Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo
Description: mayor jenderal sutoyo siswomiharjo
Mayor jenderal TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo lahir pada tanggal 23 agustus  tahun 1922 di Kebumen, Jawa Tengah. Beliau diculik dari rumahnya dalam peristiwa G30S PKI. Kemudian dibawa ke lubang buaya dibantai dan dimasukkan ke dalam sumur.

Pada saat itu, para pemberontak membohongi Mayjen Sutoyo dengan mengatakan dipanggil presiden Soekarno. Mayatnya baru ditemukan pada tanggal 3 Oktober 1965.






7. Kapten Pierre Tendean
Description: kapten pierre tendean
Kapten pierre Tendean meninggal dalam usia yang masih sangat muda yakni pada usia 26 tahun. Kapten CZI Anumerta Pierre Andreas tendean ini lahir pada tanggal 21 februari tahun 1939.

Pierre Tendean merupakan satu-satunya Pahlawan Revolusi yang memiliki pangkat sebagai kapten. Atas keberaniannya, atasannya yang bernama A.H Nasution selamat. Tendean mengaku sebagai AH Nasution yang kemudian ikut dibantai di Lubang Buaya.















8. AIPDA Karel Satsuit tubun
Description: aip karel satsuit tubun
Ajun Inspektur Polisi Dua Anumerta Karel Satsuit Tubun merupakan pahlawan yang berasal dari Maluku Tenggara. Tepatnya dilahirkan di Tubun pada tanggal 14 oktober 1928.

Beliau menjadi satu-satunya perwita yang bukan merupakan anggota TNI Angkatan Darat yang turut serta dibantai oleh PKI. Saat peristiwa berdarah tersebut berlangsung, beliau bertugas sebagai ajudan Johanes Leimena yang kala itu menjabat sebagai menteri di kabinet Soekarno.

Johanes Leimena ini merupakan tetangga dari Abdul Haris Nasution salah satu perwira TNI AD yang menjadi target PKI. Pada saat penyergapan terjadi di rumah AH Nasution, KS Tubun melepaskan tembakan untuk menenangkan keributan yang terjadi di rumah sebelahnya.

Akan tetapi jumlah anggota PKI kala itu yang lebih banyak, akhirnya tak mampu dilawannya. Ketika beberapa peluru menembus tubuhnya akhirnya KS Tubuh ikut gugur dalam peristiwa tersebut.



9. Brigadir jenderal Katamso Darmokusumo
Description: brigadir jenderal katamso darmokusumo
Brigadir Jenderal anumerta Katamso Darmokusumo juga turut gugur dalam peristiwa penculikan G30S PKI. Pada saat hari pemberontakan tersebut terjadi, beliau sedang bertugas di Jogjakarta.

Kemudian beliau diculik dan tubuhnya dipukuli dengan marter motor yang kemudian mayatnya dimasukkan ke dalam sumur lubang buaya. Sebuah sumur yang sengaja disiapkan oleh PKI untuk menimbun para mayat jenderal yang dibunuh. peristiwa pembunuhan Katamso berada di wilayah kentungan.










10. Kolonel Anumerta R Sugiono Mangunwiyoto
Description: kolonel anumerta r sugiono mangunwiyoto
Kolonel Anumerta R Sugiono Mangunwiyoto lahir pada tanggal 12 Agustus tahun 1926 di gunung Kidul, Yogyakarta. Beliau meninggal bersama dengan Brigjend Katamso dan dikuburkan dalam satu lubang yang sama. Mayatnya baru ditemukan setelah 20 hari kemudian.


0 Response to "Tugas Mencari Daftar 10 Pahlawan Revolusi"

Posting Komentar