Sebab Kedatangan Jepang ke Indonesia Begitu Cepat dan Merata


Belajar On-Line | Sebab Kedatangan Jepang ke Indonesia Begitu Cepat dan Merata
 
Sumber Gambar. Campusnancy.blogspot.com 

Soal Sejarah Indonesia Kelas XI
Jelaskan mengapa kedatangan Jepang ke Indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah Indonesia!

Jawaban
Sejak pengeboman Pearl Harbour oleh angkatan udara Jepang pada tanggal 8 Desember 1941, serangan terus dilancarkan ke angkatan laut Amerika Serikat di Pasifik. Kemenangan pasukan Jepang seolah-olah tak dapat dikendalikan dan pasukan itu berturut-turut menhancurkan basis militer Amerika. Selain itu, serangan Jepang juga diarahkan ke Indonesia. serangan terhadap Indonesia muncul dari Utara dan Timur.

Jepang melakukan serangan kepada wilayah Indonesia bertujuan untuk mendapatkan cadangan logistik dan bahan industri perang, seperti minyak tanah, timah dan aluminium. Diperkirakan persediaan minyak di Indonesia cukup untuk memenuhi kebutuhan Jepang selama perang Pasifik.

Setelah mampu mengontrol wilayah dari Burma sampai Pulau Wake, Jepang mulai melancarkan serangan ke wilayah Indonesia. Pada tanggal 1 Maret 1942 pasukan Jepang berhasil mendarat di wilayah Indonesia yang dipimpin oleh Jenderal Imamura. Pendaratan itu dilaksanakan di tiga tempat, yakni di Banten dipimpin oleh Jenderal Imamura sendiri. Pendaratan di Eretan Wetan Indramayu dipimpin oleh Kolonel Tonishoridan dan pendaratan di sekitar Bojonegoro dikoordinasi oleh Mayjen Tsuchihashi.

Waktu yang begitu cepat bagi Jepang untuk menguasai wilayah Indonesia tidak terlepas dari perkembangan sebelumnya. Sejak Jepang berkembang menjadi negara industri, Jepang mulai membutuhkan daerah-daerah baru. salah satunya Indonesia. Di samping itu, juga terdorong oleh ajaran yang berkaitan dengan Shintoisme, khususnya tentang Hakko Ichius, yakni ajaran tentang kesatuan keluarga umat manusia. 

Ajaran ini diartikan bahwa Jepang sebagai negara maju bertanggung jawab untuk membentuk kesatuan keluarga umat manusia dengan memajukan dan mempersatukan bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Maka, untuk merealisasikan keinginan itu jepang telah melakukan kegiatan spionase pada tahun-tahun sebelumnya. ***

0 Response to "Sebab Kedatangan Jepang ke Indonesia Begitu Cepat dan Merata"

Posting Komentar