Pengertian Masa Pra-Aksara

Bumi dengan berbagai bentuk permukaannya merupakan tempat tinggal manusia. Manusia telah menempati bumi sejak jutaan tahun yang lalu. Nah, bagaimanakah kehidupan manusia pada saat itu?

Saat ini kita telah mengenal tulisan. Kita dapat mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu melalui tulisan. Namun, tahukah kalian bahwa ada suatu masa yang panjang di mana tulisan belum dikenal? Masa itulah yang dikenal sebagai masa pra-aksara. (pra = sebelum; aksara= huruf). Selain itu untuk mengambarkan manusia sebelum mengenal tulisan dikenal pula dengan istilah Nirleka. Manusia yang hidup pada masa ini dikenal sebagai manusia purba.

Kita telah belajar bahwa pembentukan kulit bumi terjadi berulang-ulang. Akibatnya, terjadi lapisan-lapisan pada kulit bumi. Dalam lapisan-lapisan kulit bumi ini, terdapat sisa-sisa kehidupan. Sebagian dari sisa-sisa kehidupan itu telah berubah menjadi keras seperti batu karena proses kimia. Inilah yang dikenal sebagai fosil. Untuk mengetahui kehidupan masa lampau, fosil-fosil inilah yang menjadi petunjuk. Ada bermacam-macam jenis fosil. Ada fosil hewan, ada fosil tumbuhan, ada juga fosil berupa tulang kerangka manusia.

Gambar. Contoh Fosil Tulang Kerangka Manusia Pra Aksara
Sumber. Dreamers.id/img_artikel/70australopithecus-sediba-ok.jpg

Masa praaksara ini selalu menarik untuk dipelajari karena manusia selalu tertarik untuk mengetahui asal-usulnya. Ilmu yang menyelidiki segala hal ikhwal manusia pada masa lampau sebelum adanya sumber-sumber tulisan disebut ilmu prasejarah. Saat ini terdapat beberapa cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan masa prasejarah. Misalnya, arkeologi ialah ilmu yang mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah dan purbakala untuk menyusun kembali kehidupan manusia dan masyarakat masa lampau. Ahli arkeologi disebut arkeolog.

Selain fosil, keberadaan kehidupan di masa pra-aksara juga dapat diketahui dari artefak yang ditemukan. Artefak ialah benda-benda, seperti alat, perhiasan yang menunjukkan kecakapan kerja manusia terutama pada zaman dahulu yang ditemukan melalui penggalian arkeologi.

Demikianlah materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7. Semoga bisa bermanfaat.

Sumber.
Materi ini admin rangkum dari berbagai sumber seperti :
1. SETIAWAN, Didang. Pengetahuan sosial 1: SMP/MTs kelas VII/ Didang Setiawan — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008***

0 Response to "Pengertian Masa Pra-Aksara"

Posting Komentar