Cara Menyalin Artikel dari Website yang Diproteksi (Anti Copy Paste)

Berkembangnya dunia Internet telah mempercepat masuknya arus informasi kepada orang lain. Untuk mencari informasi mengenai cara ternak bebek seseorang dapat dengan mudah menemukannya di Internet. Setelah menemukan informasi biasanya seseorang menyalin ke dokumen (MS Word). Namun, tidak sedikit yang mengalami kesulitan dalam menyalinnya, disebabkan ada beberapa pemilik website yang memproteksi/ tidak memperbolehkan dicopy artikelnya. Tidak tahu alasannya kenapa beberapa pemilik website memproteksi artikelnya. Diantaranya ada alasan agar tidak dicopy-paste oleh orang lain.

Kali ini saya akan berbagi tips cara menyalin artikel dari website yang diproteksi alias website pelit. Pada umumnya pengguna komputer banyak menggunakan perambah website Google Chrome dan Mozilla Firefox, jadi saya akan mencontohkan hanya dua perambah itu.

Bagi Pengguna Browser Google Chrome
Saat ini saya menggunakan Google Chrome Version 39.0.2171.95 (64-bit) cara mengcopy artikel yang diproteksi dapat mengikuti cara berikut ini:
  1. Klik menu Costumezed and control Google Chrome biasanya terletak di pojok kanan atas. 
  2. Pilih menu More Tools, dan pilih lagi menu JavaScript Console.
  3. Akan keluar tampilan baru di sisi kanan maka pilih Seting.
  4. Pada tampilan General, centang Disable JavaScript
  5. Setelah di centang, silakan mengcopy artikel seperti biasa.
Bagi Pengguna Browser Mozilla Firefox
Banyaknya versi mozilla sekarang maka dapat saya ambil bahwa terdapat 2 perbedaan cara mendisable JavaScribe pada Browser Mozilla. Ketika saya coba untuk Mozilla Firefox Versi 4 ke bawah carasanya sebagai berikut;

  1. Klik menu Alat/Tool 
  2. Klik Option/Pengaturan
  3. Klik Content/ Isi
  4. Kemudikan hilangkan tanda centang pada opsi aktifkan JavaScript
Sementara untuk Mozilla Firefox versi terbaru, seperti punya saya saat ini yaitu versi 31.0 ada sedikit perbedaan cara menonaktifkan JavaSript nya. Caranya seperti berikut;
  1. Ketik “about:config” pada kolom addressbar 
  2. Klik tombol “I’ii be carefull. I Promise”
  3. Pada kolom pencarian, cari “Javascript.enabled”
  4. Untuk aktif/ menon-aktifkannya tinggal di klik 2 kali.

Demikian cara menonaktifkan JavaScript agar artikel yang diproteksi bisa di copy. Cara di atas sudah saya coba dan berhasil. Semoga cara ini bermanfaat, namun diingat bukan berarti saya membenarkan langkah copy-paste. Tetap hargai karya orang lain jika anda mengcopy artikel jangan lupa untuk mencantumkan sumber aslinya.

0 Response to "Cara Menyalin Artikel dari Website yang Diproteksi (Anti Copy Paste)"

Posting Komentar